Rabu, 18 Juli 2018

Saving Francesca by Melina Marchetta


Judul: Saving Francesca (Tolong Aku Dong!)
Penulis: Melina Marchetta
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Genre: Young Adult, Realistic Fiction
Format: Paperback, 296 halaman

•••

Sinopsis:

Francesca Spinelli pusing berat karena ibunya tiba-tiba depresi, kehilangan semangat hidup, dan hampir tidak mau turun dari tempat tidur. Keluarganya terancam berantakan, apalagi ayahnya tampak pasif dan menganggap sepele masalah itu. Satu-satunya hiburan bagi Francesca adalah Will Trombal, cowok keren yang dia taksir.

Namun, dia malah makin sedih saat tahu ternyata Will sudah punya pacar. Francesca jadi merasa galau dan kesepian. Apalagi dia merasa tidak cocok dengan teman-teman di sekolah barunya. Teman-teman lamanya yang keren dan selalu dapat dia andalkan, sekarang semakin menjauh. Dia sulit bergaul dan merasa terkucil. Semuanya membuat Francesca tidak tahan lagi. Siapa yang bisa menolongnya? Atau, dia hanya perlu membuka mata dan melihat bahwa justru orang-orang yang dia anggap remehlah yang justru menyayanginya? Eksplorasi yang sangat dalam tentang kedewasaan, jati diri, keluarga, dan persahabatan.

•••

Review:

Pertama-tama saya mau mengucapkan terima kasih kepada GPU karena sudah memberi kesempatan untuk saya meresensi buku ini. Wah, sudah satu tahun blog buku saya ini nggak diisi karena kesibukan IRL dan pekerjaan paruh-waktu saya sebagai penerjemah. Meski begitu, bukan berarti saya berhenti membaca lho. Saya masih rajin membaca dan masih mencintai buku hehe. Jadi begitu menerima beberapa buku YA baru GPU untuk diresensi rasanya senang sekali, apalagi dalam beberapa waktu belakangan saya benar-benar nggak mampu menyisihkan uang buat beli buku. Jadi, terima kasih banyak sudah memberi kebahagiaan kecil buat saya.

Malah jadi curhat colongan deh.

Mengenai Saving Francesca, sebenarnya buku ini sudah ada di TBR saya sejak lama sekali. Iya, saya punya buku dengan cover lamanya tersimpan entah di bagian rak buku saya yang sebelah mana sampai-sampai niat mau baca buku ini jadi tertunda terus karena malas menggali timbunan. Rupanya cover baru ini yang beruntung dibaca sama saya. Cantik banget covernya, sangat menggambarkan keadaan Francesca di cerita ini.

Sebenarnya sinopsis buku ini sudah sangat menggambarkan isi ceritanya di permukaan. Jadi suatu hari, ibunya Francesca yang biasanya begitu aktif tiba-tiba nggak mau keluar dari kamar, bahkan nggak beranjak dari tempat tidur karena depresi akut yang dideritanya. Jelas saja suami dan anak-anaknya kebingungan karena nggak terbiasa dengan Mia (nama ibunya Francesca) yang seperti itu. Mia itu semacam pemimpin di dalam keluarga kecil mereka. Semua hal ditangani oleh Mia karena suaminya tipe-tipe yang pasif gitu. Tipe ibu jagoan gitu deh. Gara-gara hal ini, keluarga Francesca jadi mengalami perubahan yang signifikan. Ditambah lagi Francesca harus beradaptasi di sekolah baru. Bukan sekolah biasa, tapi sekolah yang tadinya sekolah cowok dan murid-murid cowok di sana keberatan banget dengan adanya murid-murid cewek. Kebayang nggak?

Nggak cuma itu aja, teman-teman main Francesca di sekolah lama nggak masuk di sekolah yang sama. Jadi Francesca harus berteman dengan cewek-cewek yang dianggap remeh sama dia dulunya dan beberapa anak cowok yang kelakuannya ajaib-ajaib. Salah satu dari cowok-cowok itu akhirnya jadi gebetannya Francesca, tapi dia harus kecewa karena cowok itu ternyata sudah punya pacar.

Yah, kurang lebih begitu. Kalau diceritain semua nanti jadi spoiler dan nggak asyik lagi. Intinya sih, saya suka buku ini. Karakter-karakternya digambarkan dengan sangat baik. Senang melihat bagaimana Francesca melewati masalah-masalah itu dengan bantuan teman-teman barunya. Senang juga melihat perkembangan di dalam keluarganya dalam menghadapi depresi yang diderita Mia.

Buku ini merupakan bacaan yang bagus. Ringan dan menghibur.

Teman sejati adalah mereka yang tetap bertahan di sisimu pada titik terendah hidupmu.


XOXO,


0 komentar:

Posting Komentar