Selasa, 10 September 2013

Bookish Top Ten #1



Halo! Untuk teman-teman blogger pencinta meme, meme baru ini bisa jadi pilihan buat meramaikan isi blog kalian, loh! Meme ini diadakan oleh Ci Yuska di blog Lust and Coffee dan tiap bulannya akan ada tema baru biar nggak bosan!

Nah, tema pertama untuk bulan September ini adalah:

10 Buku Favorit Teman Sesama Blogger

Dan di kesempatan pertama ini, teman blogger yang aku todong adalah Dini Novita Sari yang biasa dipanggil Dinoy; seorang pembaca, seorang penulis review, dan juga seseorang yang sedang mencoba menjadi penulis buku. Bagi yang ingin tahu blognya Dinoy, bisa langsung klik: ini. Atau kalau mau nanya-nanya langsung juga bisa langsung colek di twitternya @dinoynovita. 

Nggak pakai lama, aku bocorin sekarang ya 10 buku favorit teman kita yang satu ini! Buku-buku kesukaannya menarik, loh. Siapa tahu setelah baca ini kalian jadi tertarik untuk membaca buku-buku favorit Dinoy. Yuk, mulai!

  1. Supernova: Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh karya Dee.

Novel ini udah aku baca sekitar 10 tahun lalu, saat masih duduk di bangku SMU, haha. Dan langsung jatuh cinta dengan gaya kepenulisan Dee. Cerita tentang roman dan banyak memasukkan unsur sains, psikologi, sosial di dalamnya. Banyaak banget footnote, tapi herannya aku nggak begitu terganggu, malah semacam pengalaman unik membaca novel dengan begitu banyak keterangan istilah. Saat itu aku belum mulai menuliskan resensi, hehe, tapi buku ini ada di akun goodreadsku: http://www.goodreads.com/review/show/318473651
==> Buku ini sudah ada di timbunanku selama bertahun-tahun, pemberian seorang teman waktu masih kuliah dulu. Dia sangat merekomendasikan buku ini tapi entah kenapa sampai detik ini aku selalu gagal membacanya sampai habis.... Mungkin suatu hari nanti, saat feelnya tepat (iya membaca juga butuh feel! #HEH) aku akan menghabiskan buku ini dan siapa tahu aku juga akan menyukainya seperti Dinoy dan temanku itu. Amin.
 
     2. Titik Nol karya Agustinus Wibowo.
Memoar yang diceritakan oleh Agustinus Wibowo ini membuatku terpukau. Cerita nyata dengan penulisan ala fiksi, naratif yang sangat apik. Membuat aku serasa ikut dalam perjalanan dan setiap petualangan yang dialami oleh penulis. Resensiku:

==> Sejujurnya aku penasaran sama buku ini. Banyak yang bilang bagus dan ratingnya pun tinggi di Goodreads. Cuma karena ini bukan jenis buku yang biasa aku baca, jadi aku agak ragu untuk beli. Takutnya malah nggak dibaca dan menumpuk bersama timbunan bukuku.

     3. Marrying AIDS karya Lia Indra Andriana.
Novel tentang romance yang mengangkat AIDS sebagai isu utama ceritanya, juga negara Korea sebagai salah satu latar cerita. Menarik, karena di sini penulis berhasil membuatku ikutan sedih dan emosi. :'( Resensiku:

==> Ini menarik banget. Aku tipe pembaca yang suka dengan tema sicklit alias cerita-cerita yang tokohnya memiliki penyakit. Tapi aku nggak nemu-nemu buku ini di toko buku. Kali jodohnya minjem aja nanti sama Dinoy....

     4. Khokkiri karya Lia Indra Andriana.
Lia memadukan antara drama psikologi dan romance, keren sekali cerita tentang kepribadian gandanya. Bikin mikir di awal cerita, agak sedikit bingung, tapi tahu-tahu larut sendiri dan jadi penasaran dengan kelanjutan cerita di tiap bab. Resensiku: http://dinoybooksreview.wordpress.com/2012/11/26/khokkiri-lia-indra-andriana/

     5. Life Traveler karya Windy Ariestanty.
Travelogue pertama yang bikin aku jatuh hati. Suka dengan cara bertutur Windy yang indah dan pandai menangkap peristiwa-peristiwa sehari-hari sebagai cerita yang berkesan. Resensiku di sini:

 
     6. Antologi Rasa karya Ika Natassa.
Di sini Ika Natassa cerdas sekali menuliskan plot cerita dengan 3 sudut pandang berbeda. Ceritanya sendiri tentang 3 orang sahabat yang diam-diam saling menyimpan perasaan. Gaya bahasanya juga asyik. Resensiku:


     7. Cheeky Romance karya Kim Eun Jeong.
Novel Korea bergenre romance comedy, lucu dan romantis jadi satu, hihi. Bikin ngakak di banyak bagian, lalu tahu-tahu tersipu-sipu sendiri baca adegannya yang romantis. :") Resensiku:


     8. After D-100 karya Park Mi Youn.
Novel Korea yang berkisah tentang kehidupan rumah tangga yang retak, dan perjuangan seorang wanita untuk menunjukkan ketangguhannya. Bikin larut dalam konflik yang diceritakan. Resensiku:


     9. Bangkok: The Journal karya Moemoe Rizal.
Salah satu seri Setiap Tempat Punya Cerita dari Gagas ini ngeblend banget antara dramanya dan detail tempat-tempat yang dikunjungi. Penokohannya pun mengesankan, nggak bosen! Resensiku:

==> Aku setuju sama Dinoy. Dari seri STPC yang dari GagasMedia, aku paling suka Bangkok. Entah kenapa membaca Bangkok itu rasanya puas. Lengkap Bangkoknya, lengkap dramanya, penokohannya pun keren, dan tema yang diangkat beda. Bikin susah buat tutup buku dan berhenti baca sebelum petualangannya selesai. :"D

     10. The Chronicles of Audy: 4R karya Orizuka.
Novel ini asli seru banget dibaca, nagih dan cuma butuh 2 hari nyelesaiinnya! resensiku: http://dinoybooksreview.wordpress.com/2013/08/11/the-chronicles-of-audy-4r-book-1-by-orizuka/
==> Setuju lagi! Aku pun hanya butuh 2 hari buat menyelesaikan buku ini. Ceritanya sangat ringan tapi seru dan bikin nagih. 



Nah, 10 buku favorit Dinoy udah beres dibahas. Gimana? Ada buku yang bikin penasaran buat dibaca? Kalau kamu ingin ikutan meme ini, gampang! Nih, caranya:
  • Punya blog. Tidak harus blog buku kok, yang penting blog.
  • Kalau kamu tidak punya blog, kamu bisa posting di note FB atau Goodreads.
  • Pasang button Bookish Top Ten di postinganmu. Jangan lupa sertakan link postingan Bookish Top Ten Lust and Coffee juga ya.
  • Tiap bulan akan ada tema baru biar seru yang akan diumumkan tiap tanggal 10.
  • Linky akan dipasang tiap tanggal 10 hingga 30/31 setiap bulannya agar teman-teman yang tidak sempat posting tanggal 10 masih bisa ikut hingga akhir bulan.

XOXO,



0 komentar:

Posting Komentar