Sabtu, 12 Januari 2013

Our Story by Orizuka

5 stars
Judul: Our Story
Penulis: Orizuka
Genre: Young Adult
Sinopsis:


Masa SMA.
Masa yang selalu disebut sebagai masa paling indah,
tapi tidak bagi anak-anak SMA Budi Bangsa.

SMA Budi Bangsa adalah sebuah SMA di pinggiran ibukota yang terkenal dengan sebutan SMA pembuangan sampah, karena segala jenis sampah masyarakat ada di sana.

Preman. Pengacau. Pembangkang. Pembuli. Pelacur.

Masuk dan pulang sekolah sesuka hati.
Guru-guru honorer jarang masuk dan memilih mengajar di tempat lain.
Angka drop out jauh lebih besar daripada yang lulus.

Sekilas, tidak ada masa depan bagi anak-anak SMA Budi Bangsa,
bahkan jika mereka menginginkannya.

Masa SMA bagi mereka hanyalah sebuah masa suram yang harus segera dilewati.

Supaya mereka dapat keluar dari status 'remaja' dan menjadi 'dewasa'.
Supaya tak ada lagi orang dewasa yang bisa mengatur mereka.
Supaya mereka akhirnya bisa didengarkan.

Ini, adalah cerita mereka.


My Review:
Duh, saya suka banget sama cerita sekolahan yang kayak begini. Makasih karena Orizuka udah menulis cerita ini dengan sangat baik, kata-katanya mengalir banget dan bikin saya bisa membayangkan setiap adegannya di dalam kepala seperti sebuah film. Tokoh-tokohnya kuat dan konflik-konflik yang ada di dalam cerita juga sangat remaja banget. Isu-isu seperti narkoba, seks bebas, tawuran, sampai anoreksia ada di buku ini.

Di buku ini, pembaca diperlihatkan sisi lain dari kehidupan anak-anak remaja yang biasanya hanya dipandang sebelah mata sama orang-orang. Bener banget, masyarakat seringkali cuma melihat apa yang ada di luar tapi nggak pernah mau tahu apa yang ada di dalam... bahwa setiap hal terjadi atau seseorang bisa menjadi 'sesuatu' itu karena ada penyebabnya, bukan semata-mata karena mereka memang sukarela mau jadi seperti itu. Dianggap sampah tanpa ada yang mau memahami mereka.

Intinya, saya suka banget sama buku ini... makasih ya A.S. Dewi udah minjemin saya buku ini.

Jadi pengen punya... #eh

Hmm... kalau ditanya tokoh mana yang saya paling suka... saya nggak bisa memutuskan. Semuanya saya suka!! #serakah

0 komentar:

Posting Komentar