Rabu, 07 Oktober 2015

Operation: Break the Casanova's Heart by Aly Almario


Judul: Operation: Break the Casanova's Heart
Penulis: Aly Almario
Penerbit: Penerbit Haru
Genre: Young Adult, Romance
Format: Softcopy, 224 halaman


Sinopsis:

Misi: Menghancurkan Hati Sang Casanova
10 Tugas yang Harus Diselesaikan:
1. Buat dia menyadari kehadiranmu.
2. Buat dirimu menonjol dari cewek-cewek lain.
3. Dapatkan ajakan untuk berkencan.
4. Jadikan kencan tersebut sangat berkesan.
5. Buat dia menganggapmu serius.
6. Pastikan dia hanya berkencan denganmu.
7. Buat dia mengajakmu menemui orangtuanya.
8. Buat dia menciummu— dengan ciuman yang tulus.
9. Jadilah pacar terbaik yang pernah dia miliki.
10. Langkah terakhir: HANCURKAN HATINYA.

Satu-satunya peraturan yang harus kau patuhi dalam misi ini adalah: jangan jatuh cinta kepadanya. Kalau kau melanggar peraturan ini, maka misi akan dianggap gagal. Sebagai gantinya, kau akan menerima hukuman yang berat.

Naomi Perez terpaksa menjalankan misi tersebut karena Stephen Cruz--—Sang Casanova--—adalah cowok yang telah menghancurkan hati sahabatnya, —Kryzel. Apakah Naomi berhasil membuat Stephen jatuh cinta kepadanya? Ataukah keadaan justru berbalik, dan Naomi jatuh cinta kepada Stephen?

Review:

Ini pertama kalinya saya membaca novel karya penulis Filipina. Terima kasih banyak loh, penerbit Haru sudah mau menerjemahkan novel-novel yang biasanya jarang diterjemahkan penerbit lain. Sudah gitu terjemahannya sangat enak, malah saya kadang ngerasa lagi baca buku novel lokal alih-alih novel Filipina.


Tema yang diangkat novel ini sebenarnya pasaran. Tentang benci jadi cinta, tentang playboy yang akhirnya jatuh cinta. Tapi pengemasannya menurut saya sangat manis, dipadu dengan karakter-karakter yang relatable dengan pembacanya.

Kisah ini bermula ketika Stephen Cruz menghancurkan hati Kryzel, sahabat Naomi. Naomi yang kesal karena perilaku Stephen yang sok ganteng dan semena-mena (bahkan mencium Naomi juga seenaknya) akhirnya setuju dengan misi yang ditawarkan KPSC (Koalisi Pembenci Stephen Cruz). Ada 10 tugas yang harus Naomi selesaikan dalam misi ini, dan sebagai permulaan, KPSC terlebih dulu merombak penampilan Naomi yang tomboy.

Cerita berjalan seru ketika Naomi selangkah demi selangkah berhasil membuat Stephen terpikat. Walau pada awalnya Stephen terkesan ingin mempermainkan Naomi juga, namun pada titik tertentu pembaca akan langsung merasakan bahwa Stephen benar-benar sudah kepincut sama Naomi, apalagi ketika Drew muncul dan membuat Stephen jadi cemburu.

Salah satu adegan yang paling saya suka di buku ini adalah ketika Stephen diam-diam membelikan boneka kura-kura yang disukai Naomi tapi dilarang beli oleh Drew karena menurut Drew boneka itu tidak ada gunanya. Malah Stephen membeli sepasang, satu untuk dia simpan sendiri. Ah, adegan ini benar-benar manis sampai saya jadi gemas dengan Stephen Cruz! Adegan manis lainnya, nanti kalian baca sendiri saja, ya.

Semakin kita membaca, akan ada beberapa hal lain yang terkuak. Seperti kisah tentang masa lalu Stephen, dan apa yang membuat pemuda itu menjadi Casanova seperti sekarang, lalu benang kusut di antara keluarga Stephen dan Naomi. Belum lagi alasan sebenarnya KPSC memberikan misi untuk Naomi (walau sebenarnya saya merasa alasannya sedikit aneh dan dipaksakan). Intinya buku ini tidak semata-mata tentang cinta. Ada nilai-nilai moral yang bisa dipetik dari cerita ini.

Kesimpulannya, saya suka buku ini. Ringan, menghibur, bikin gemes. Saya rekomendasikan buat kalian yang suka percintaan yang manis.


XOXO,


4 komentar:

Endingnya nggak circular kan ya Kak? Soalnya kalau alurnya benci jadi cinta suka mudah ketebak xD

@asy-syifaa maksudnya circular tuh gimana ya? menurutku sih endingnya manis, kok. :"D

Waaah, nemu lagi review-nya buku ini. Tambah naksir aja sama novelnyaaa. Belum pernah baca fiksi Filipina pula. :D

Udah keliling2 baca reviewnya dan makin kepincut sama novelnya, meskipun awalnya hanya kepincut dengan covenrya yang manis dan lembut.
Tapi, cuma satu yang aku kepoin skrg, yaitu Cruz itu orangnya bagaimana? Ia digambarkan seperti apa? Aku kepo bagaimana cara memvisualisasikannya kalo cuma baca review xD Tertarik banget sama novel ini >_<

Poskan Komentar