Jumat, 25 April 2014

Teka-Teki Terakhir by Annisa Ihsani


Judul: Teka-Teki Terakhir
Penulis: Annisa Ihsani
Genre: teenlit
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 256 halaman

Sinopsis:

Gosipnya, suami-istri Maxwell penyihir. Ada juga yang bilang pasangan itu ilmuwan gila. Tidak sedikit yang mengatakan mereka keluarga ningrat yang melarikan diri ke Littlewood. Hanya itu yang Laura tahu tentang tetangganya tersebut.

Dia tidak pernah menyangka kenyataan tentang mereka lebih misterius daripada yang digosipkan. Di balik pintu rumah putih di Jalan Eddington, ada sekumpulan teka-teki logika, paradoks membingungkan tentang tukang cukur, dan obsesi terhadap pernyataan matematika yang belum terpecahkan selama lebih dari tiga abad. Terlebih lagi, Laura tidak pernah menyangka akan menjadi bagian dari semua itu.

Tahun 1992, Laura berusia dua belas tahun, dan teka-teki terakhir mengubah hidupnya selamanya...

My Review:
Ini adalah salah satu buku terbaik yang aku baca tahun ini! Salut banget dengan penulisnya yang bisa membuat sebuah novel tentang matematika yang semenyenangkan ini untuk dibaca. Seperti kebanyakan orang, aku bukan seorang penggemar matematika. Aku adalah salah satu murid yang selalu mempertanyakan apa kegunaan matematika dan rumus-rumusnya yang rumit itu di kehidupan nyata, persis seperti pertanyaan yang dilontarkan Laura pada Profesor Maxwell pada suatu hari. 

Jawaban Profesor Maxwell pada pertanyaan Laura itu membuatku mengangguk-angguk. Benar juga, sebenarnya yang namanya matematika itu tidak harus selalu punya kegunaan dalam kehidupan nyata, dan setelah membaca buku ini, pandanganku terhadap matematika pun berubah. Seandainya waktu sekolah dulu aku bisa melihat matematika sebagai sebuah permainan teka-teki, mungkin aku bakalan lebih menikmati pelajaran ini, meskipun tidak serta merta menjadi seorang ahli matematika. Dan mungkin aku tidak akan sealergi itu melihat paduan angka dengan tanda kurung serta huruf x dan y. Okay, mungkin ya cuma mungkin... bisa aja malah tidak ada perubahan sama sekali hahaha....

Buku ini ditulis dengan gaya novel terjemahan tapi sama sekali tidak kaku. Aku menikmati sekali membacanya. Minim typo, aku rasanya hanya menemukan satu di halaman pertama buku, setelah itu bersih dan itu menambah kenikmatan saat membaca buku ini. Selain itu, nilai moral yang terkandung dari cerita ini pun sangat bagus. Ada bagian yang membuat aku geleng-geleng kepala, ada yang bikin aku senyum, ada yang bikin aku menangis juga.

Aku menutup buku ini dengan puas, kuberi pelukan sejenak sebelum meletakkannya kembali ke rak buku.

Buat penulisnya, aku tunggu novel-novelmu berikutnya! I'm officially your fan now.


XOXO,


6 komentar:

teenlit terbitan baru ya, kak? penasaran pengen baca, covernya unyu2

Wow...setelah membaca review ini, saya jadi masukin buku ini dalam wishlist saya. TFS ya. Dan salam kenal ;)

Iya ini baru terbit dan recommended banget buat dibaca dan dikoleksi!

TFS itu apa ya? *gaupdate*
Ayo segera dibeli dan dibaca~ dijamin suka ♡

Penasaran sama teenlit yang satu ini.
Baca review di tempat lain juga teenlit ini sangat direkomendasikan.
Sebagai pencinta ilmu pasti -matematika-, saya jadi pengen baca!! :D

Klu tokoh dan wataknya apa ja ?

Posting Komentar